Rabu, 30 November 2016

10 Manfaat Dan Cara Pengobatan Daun Ceremai Bagi Kesehatan

10 Manfaat Dan Cara Pengobatan Daun Ceremai Bagi Kesehatan


Daun ceremai ini mempunyai bentuk yang serupa dengan daun blimbing wuluh, dari akar, daun serta buahnya. Terdapat beberapa manfaat daun ceremai untuk obat yang salah satunya bisa menyembuhkan penyakit sembelit, gatal-gatal, serta malahan juga sebagai penyembuhan penyakit kanker. Penyakit-penyakit itu cuma beberapa kecil saja, banyak lagi manfaat daun ceremai yang bakal akan bahas dibawah ini. Berikut 10 manfaat dan cara pengobatan daun ceremai
1. Penyembuhan Penyakit Kanker
Daun Ceremai dipotong sekedarnya. Lalu di rebus dengan 3 gelas air bersih. Selepas airnya dingin lalu disaring serta siap untuk diminum. Minum air ini 3 kali satu hari. Resep lain dapat ditambahkan dengan daun belimbing, daun bidara upas, serta daun gadung cina dan gulau aren. Rebus serta didinginkan sebagaimana pada awal mulanya. Air lalu didinginkan serta disaring saat sebelum diminumkan
2. Obati Sembelit
Siapkan daun Ceremai sekitar 1 genggam (sekitar 3 – 5 gr), bersihkan sampai bersih lalu digiling hingga halus. Dapat dikeringkan atau dipakai gilingan basah. Sedu gilingan daun itu dengan air panas. Tambahkan (pada saat masih dalam keadaan hangat) dengan 1 sendok makan madu, aduk hingga rata. Air diminum berikut ampasnya, serupa sebagaimana kita minum jamu.
3. Gigitan Serangga serta Sakit Kulit
Pucuk daun Ceremai dapat tawarkan toksin disebabkan gigitan serangga. Daun Ceremai ditumbuk halus serta dilembutkan. Lumatan daun dioles-oleskan ke kulit sisa gigitan serangga. Langkah yang sama dapat dikerjakan untuk menghaluskan kulit.
4.Tekanan Darah Tinggi
Manfaat daun ceremai yang tak kalah penting yaitu untuk penyembuhan darah tinggi. Ambil pucuk daun Ceremai sejumlah 3 genggam di rebus di air sejumlah 3 gelas air. Biarlah mendidih sampai airnya. Lalu air didinginkan serta siap diminum ke orang yang mempunyai darah tinggi. Air dapat disimpan dalam kulkas.
5. Asma serta Sesak Nafas
Siapkan 3 genggam pucuk daun Ceremai serta di rebus di air sejumlah 3 gelas air. Biarlah mendidih sampai airnya. Lalu air didinginkan serta siap diminum ke pasien asma serta nafas tersengal. Dapat ditambahkan madu atau sedikit gula aren. Minumkan dalam keadaan air hangat-hangat kuku. Rebusan akar Ceremai dapat dipakai untuk memudahkan asma serta menyembuhkan penyakit kulit.
6. Sariawan
Siapkan 3 genggam pucuk daun Ceremai serta rebus di air sejumlah 3 gelas air. Biarlah mendidih sampai airnya. Air didinginkan serta siap untuk digunakan berkumur atau diminum untuk menyembuhkan sariawan.
7. Batuk Berdahak
Siapkan 3 genggam pucuk daun Ceremai serta di rebus di air sejumlah 3 gelas air. Biarlah mendidih sampai airnya. Lalu air didinginkan serta siap diminum untuk pasien batuk berdahak. Minumkan dalam keadaan air hangat-hangat kuku.
8. Melangsingkan badan atau turunkan berat tubuh.
Manfaat daun ceremai yang lain yaitu bisa turunkan berat tubuh. Suatu jalan keluar untuk wanita yang saat ini mempunyai permasalahan dengan berat tubuh, lantaran daun cerremai ini bisa memperlancar buang air besar. Langkahnya : rebus daun ceramai sampai mendidih kemuadian saring, diamkan sampai dingin lalu minum 3 kali dalam satu hari.
9. Mengatasi Mual
Pucuk daun Ceremai atau buah Ceremai dapat dikonsumsi langsung atau di buat berbentuk minuman, atau manisan. Rasa asam dapat untuk menangani mual, serta menetralkan rasa tak enak dalam mulut.
10. Obat Kolestrol dan Diabetes
Kandungan tinggi zat saponin serta tanin pada daun ceremai, dapat menyerap glukosa serta turunkan kandungan kolestrol.
Itulah beberapa manfaat dari daun cermai. Jangan lupa baca juga Khasiat dan kandungan gizi buah ceremai untuk kesehatan tubuh
Buah ceremai yakni buah yang mempunyai bentuk kecil serta rasa masam ini banyak dipakai sebagai asinan. Buah ceremai mempunyai nama latin yakni Phyllanthus acidus.
Pohonnya relatif kecil cuma mempunyai ketinggian 9 m dengan cabang rendah serta renggang. Malahan sangat serupa dengan pohon blimbing wuluh. Ciri-ciri pohon ceremai yakni mempunyai daun tunggal, bundar telur serta mempunyai panjang buah sekitar 2-7 cm.
Setiap 100 gr buah ceremai memiliki kandungan Gizi :
  • 28 kkal energi
  • 91.7 g air
  • 0.7 g protein,
  • 6.4 g karbohidrat,
  • 0.6 g serat kasar,
  • kalsium 5 mg
  • 23 mg fosfor,
  • 0.4 mg besi,
  • 0.01 mg thiamin,
  • riboflavin 0.05 mg
  • serta 8 mg vitamin C.
Dari kandungan di atas tak disangka lagi bahwa terdapat beberapa manfaat dari buah ceremai, untuk lebih jelasnya berikut ini simak di bawah ini.
1. Mengatasi Diabetes
Ceremai memiliki kandungan tingkat polifenol yang tinggi yang bisa membuat perlindungan badan dari karakter oksidatif gula darah yang tinggi serta menghindar resistensi urine. Selain itu, buah ini dapat juga menolong dalam penyerapan insulin yang dapat menyebabkan penurunan gula darah pada pasien diabetes.
2. Melindungi kandungan cholesterol darah
Ceremai menjaga kandungan cholesterol darah dengan menghalangi oksidasi LDL (cholesterol jahat). Cermai juga menghindar aterosklerosis (penumpukan plak di arteri) lantaran mempunyai antioksidan yang kuat, hingga bisa membuat perlindungan Anda dari penyakit jantung.
3. Anti-kanker
Dengan karakter antioksidan, ceremai bisa menolong badan melawan dampak resiko bahan kimia yang berbentuk karsinogenik. Buah ini dapat juga menghalangi perkembangan sel kanker serta kurangi dampak beresiko dari radiasi serta kemoterapi tanpa ada mengurangi dampaknya dalam penyembuhan anti-kanker.
4. Kesehatan seksual
Minum juice ceremai sekali satu hari bisa menolong tingkatkan kesehatan seksual lelaki. Buah ini dapat juga tingkatkan motilitas (kekuatan sperma untuk berenang), kualitas serta produksi sperma pada lelaki yang mengalami Oligospermia (satu keadaan dimana seseorang lelaki mempunyai jumlah sperma yang rendah).
5. Serat
Ceremai kaya serat, polifenol serta air. Hal semacam itu menjadikan ceremai mempunyai karakter anti-inflamasi yang membuatnya sebagai penawar dari sakit perut. Konsumsi satu sendok teh juice cermai pada saat perut kosong, bisa menyembuhkan tingkat keasaman dalam lambung.
6. Membuat perlindungan hati
Ceremai bisa dipakai membuat perlindungan hati dari rusaknya oksidatif yang dikarenakan oleh bahan kimia atau alkohol.
7. Antioksidan
Antioksidan bisa melawan radikal bebas serta membuat perlindungan beberapa sel badan yang sehat. Cermai memiliki kandungan banyak antioksidan sebagaimana vitamin C, polifenol serta tanin.


* sumber : manfaatbuah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar